Cak Nun: Islam Itu Besar

Cak Nun: Islam Itu Besar

SUMBER: ABNA News

Budayawan Emha Ainun Najib atau yang biasa dipanggil Cak Nun menyatakan bahwa Islam itu besar sehingga umatnya tidak perlu membela Islam.

Hal ini karena Islam sesungguhnya hadir justru untuk melindungi Islam, bukan sebaliknya. “Islam itu baik sekali, sangat besar, dan sangat indah. Kenapa dibela? Islam hadir membela manusia, bukan sebaliknya. Saya ini bau, hatinya kotor apa pantas bela Islam?” ungkapnya, Sabtu (21/8/2010), saat memberikan tausiyah “Kilau Ramadhan” di Masjid Al-Ittihaad, Tebet, Jakarta.

Menurutnya, orang-orang yang mengatasnamakan diri untuk membela Islam justru terkesan merasa lebih hebat, bahkan lebih mulia daripada Islam. “Islam itu sangat mulia. Kalau kita bela, kesannya kita itu lebih hebat, lebih mulia daripada Islam,” ujar budayawan ini.

Ia mengungkapkan, manusia tidak boleh merasa hebat, super, atau kebal. “Kenapa? Karena ingat ada Allahu Akbar. Allah Maha Besar. Kalau ingin hebat, hebat di dalam diri saja saat menaklukan diri sendiri. Jangan keluar. Kalau di luar, serahkan semuanya kepada Allah SWT,” ungkap Cak Nun.

Selain masalah cara pembelaan terhadap Islam, Cak Nun di dalam tausiyahnya yang dihadiri sekitar seratus anggota jemaah juga menyoroti berbagai persoalan kehidupan sehari-hari yang sering kali disalahkan manusia karena apa yang terjadi tidak sesuai keinginannya. Ia mencatat beberapa hal sepele yang seharusnya tidak perlu diperdebatkan, termasuk itu permasalahan cara beribadah yang berbeda-beda di beberapa daerah yang kerap dicap sebagai bidah.

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

%d bloggers like this: