Jangan korbankan jamaah haji

Jangan korbankan jamaah haji

SUMBER: Harian Terbit

BOGOR – Ketua Umum DPP Persatuan Tarbiyah Islamiyah (Perti), Dr H Anwar Sanusi, mengharapkan agar berlarut-larutnya pembahasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH) segera dihentikan. Jangan biarkan semuanya berjalan tanpa ujung.

“Saya berharap DPR mundur selangkah, dan menteri maju selangkah, sehingga ada titik temu, dan tidak saling kuat-kuatan,” katanya saat dihubungi Harian Terbit di Bogor, kemarin.

Anwar Sanusi menegaskan kalau melihat dari peran masing-masing, maka sesungguhnya yang paham tentang penggunaan dan kebutuhan anggaran adalah Kementerian Agama. Karena itu seyogianya usulan Kementerian Agama yang harus menjadi acuan utama. Lalu DPR tinggal melakukan pengawasan. Kalau memang ada unsur-unsur yang tidak sesuai dengan kesepakatan dan kelaziman dalam menentukan anggaran maka barulah DPR menyampaikan keberatan.

“Tapi kalau DPR nya lantas berpatokan pada hitungannya sendiri, sementara Kemenag juga berpatokan pada hitungannya sendiri, maka tidak ada titik temu,” ujarnya.

Menurut Anwar Sanusi, kalau memang ada yang janggal dari anggaran yang diajukan oleh Kemenag maka langkah yang harus dilakukan oleh DPR nantinya melakukan pengawasan yang ketat terhadap pelaksanaan penyelenggaraan ibadah haji.

Anwar Sanusi mengkhawatirkan pelaksanaan penyelengaraan ibadah haji ini nantinya amburadul dan berlindung dibalik anggaran yang ditekan. Jangan sampai karena nanti dalihnya banyak pemangkasan lantas pelayanan dikurangi. Kalau ini yang terjadi, maka yang jadi korban adalah para jamaah.

Mantan anggota Komisi VI DPR ini mengimbau masalah penentuan BPIH jangan dijadikan sebagai ajang unjuk cari muka di hadapan masyarakat. Ja-ngan karena menterinya dari partai yang lain, lantas anggota DPR dari partai yang berbeda menyerang. Begitu juga jangan karena separtai lantas anggota DPR dari satu partainya mendukung.

“Dalam menentukan BPIH ini yang dipertaruhkan adalah pelayanan jamaah haji. Suksesnya pelayanan jamaah haji akan berdampak baik pada baiknya citra bangsa. Sebaliknya buruknya pelayanan haji akan berdampak pada menurunnya citra bangsa. Karena itu harus dipertimbangkan betul-betul,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: