Aturan ketat untuk wanita Saudi

Aturan ketat untuk wanita Saudi

SUMBER: Harian Terbit

PERTENTANGAN tentang siapa yang berhak mengeluarkan fatwa sebenarnya berakar dari ketegangan antara kubu ulama konservatif yang mendominasi sektor pengadilan dan pendidikan di Saudi serta kubu reformis yang ingin mengakhiri UU yang sangat ketat yang mengontrol ruang gerak wanita.

Berdasarkan paham Wahabi yang dianut penduduk Saudi, wanita tidak boleh pergi ke luar rumah tanpa penjagaan pria. Wanita tidak boleh mengendarai mobil dan tidak dapat pergi ke restoran tanpa disertai pria yang menjadi kerabatnya.

Perdebatan ini juga dipicu oleh kebijakan Raja Abdullah yang tahun lalu meresmikan sebuah universitas sains internasional dekat Jeddah di mana mahasiswa dan mahasiswi serta para staf fakultas dapat menjalin kerja sama dengan bebas tanpa hambatan.

Perdebatan ini semakin meruncing dengan publikasi foto Raja Abdullah yang dikelilingi beberapa wanita dalam sebuah konferensi yang dimuat di berbagai suratkabar lokal pada April lalu.

Juga pada bulan yang sama, pimpinan kepolisian agama Mekah, Ahmed Al-Ghamdi, dipecat dan kemudian diangkat lagi dalam pertikaian antara kubu konservatif dan progresif. Ia mendukung percampuran antara pria dan wanita.

Satu Tanggapan

  1. no coment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: