Fatwa Kontroversial Ulama Saudi Salafy/Wahhabi Bikin Polemik Di Saudi Arabia

Fatwa jadi perdebatan, siapa yang paling berhak mengeluarkan?

SUMBER: Harian Terbit

PERDEBATAN sengit tentang siapa pihak yang paling berhak mengeluarkan fatwa kini terjadi di  kalangan ulama Arab Saudi. Debat kusir ini terutama terjadi di kalangan kubu konservatif dan reformis. Kasus terkini yang menjadi perdebatan adalah  pernyataan beberapa ulama reformis yang menegaskan bahwa mendengarkan musik tidak dilarang dalam agama Islam, serta seorang pria dewasa otomatis menjadi anak seorang wanita bila ia minum segelas ASI wanita ini.

Berbagai pihak terlibat dalam adu debat kusir ini. Mereka adalah para ulama, hakim, tokoh agama garis keras dan progresif. Mereka memperdebatkan tentang siapa yang berhak mengeluarkan fatwa di negara yang penduduknya menganut paham Islam Wahabi.

Kontroversi ini muncul beberapa waktu lalu setelah ulama terkenal dari Riyadh, Adel Al-Kalbani, mengeluarkan fatwa bahwa Islam tidak melarang umatnya untuk mendengarkan musik. Al-Kalbani adalah seorang imam kulit hitam pertama di Masjid Agung Mekah. Ia terkenal atas suaranya yang berat saat melantunkan ayat-ayat suci Al-Quran.

Selain beberapa musik rakyat, pertunjukkan musik di tempat umum dilarang keras di Arab Saudi. Para ulama konservatif berfatwa bahwa mendengarkan musik adalah perbuatan haram, bahkan bila dilakukan di dalam rumah.

“Tidak ada ayat suci atau aturan dalam Islam yang secara tegas menyebutkan bahwa menyanyi dan mendengarkan musik sebagai perbuatan haram,” tegas Kalbani.

Sebelumnya, seorang ulama senior lainnya mengeluarkan fatwa yang memicu oposisi di kalangan ulama konservatif. Sheikh Abdul Mohsen Al-Obeikan, mengeluarkan dua pernyataan yang mengejutkan.

Pertama, ia mendukung gagasan bahwa seorang pria dewasa dapat dianggap sebagai putra seorang wanita bila ia minum ASI wanita itu yang dituangkan ke dalam gelas. Isu ini mengacu pada sebuah kisah kuno dalam ajaran Islam dan sebuah sumber di Mesir pada 2007 setelah fatwa agama di Saudi melarang percampuran jender antara pria dan wanita yang tidak memiliki hubungan kekerabatan. Para aktivis wanita dan sejumlah kalangan mengkritik larangan itu.

Al-Obeikan adalah seorang penasihat tinggi untuk kepentingan Raja Abdullah. Kubu konservatif menentang dirinya ketika Obeikan menyatakan bahwa salat Dzuhur dan Ashar dapat digabung untuk meringankan beban umat muslim di tengah suhu udara musim panas yang menyengat.

Sekalipun menggabungkan dua waktu salat itu dibolehkan untuk individu pada kondisi tertentu, kubu konservatif menganggap salah bila aturan itu diterapkan untuk semua umat Islam.

Pernyataan Obeikan dan Kalbani mendapat tentangan keras dari ulama tingkat tinggi dalam upaya mengatasi perdebatan yang kini menjadi bahan diskusi publik di berbagai media massa dan internet.

Dalam khotbah Jumat di Masjid Agung Mekah, ulama berpengaruh Sheikh Abdul Rahman Al-Sudais menolak apa yang disebutnya sebagai fatwa curang. Ia menyamakan fatwa ini dengan para pedagang asongan yang menjual barang-barang palsu atau busuk dalam upaya menurunkan tingkat keamanan negara.

Sementara mufti agung Saudi, Sheikh Abdulaziz Al-Sheikh memperingatkan agar pemerintah melakukan razia terhadap orang yang mengeluarkan pernyataan seperti ini. “Mereka yang menawarkan fatwa yang tidak normal dan tidak didukung ajaran Al Quran harus dihentikan,” ujarnya.

Namun begitu, Kalbani membuka diri untuk diskusi dengan mengatakan bahwa ia tidak mendukung semua jenis musik dengan mengambil contoh dua penyanyi pop asal Libanon yang isi lagunya condong pada hal-hal negatif.

“Saya jelas tidak mendukung lagu-lagu yang dinyanyikan Nancy Ajram atau Haifa Wehbe, atau lagu-lagu tidak senonoh lain. Namun bila Nancy Ajram menyanyikan lagu yang mengandung pesan positif, maka ia termasuk dalam fatwa saya,” katanya. (tst/meidia)

About these ads

7 Tanggapan

  1. Ini akibat tidak adanya konsep dalam mazhab wahabi (salafy) akibatnya ya amburadul begini..

    yang paling menarik adalah fatwa syekh al Obeikan:

    ia mendukung gagasan bahwa seorang pria dewasa dapat dianggap sebagai putra seorang wanita bila ia minum ASI wanita itu yang dituangkan ke dalam gelas.

    Saran saya buat pengikut salafy/wahabi yang mengamini dan mempercayai fatwa ini…

    -ma’af- saya harap kalo berhubungan dengan istri jangan terlalu menggebu-gebu sampai2 air susu istri keminum wah bisa berabe karena bisa memutus hubungan suami istri BUKANNYA DALAM FATWA TERSEBUT JIKA TERMINUM AKAN MENJADIKAN SI PEMINUM AIR SUSU TERSEBUT MENJADI ANAK WANITA PEMILIK AIR SUSU
    :-) ! ada2 saja ya ulama wahabi ini, mbok sebaiknya ngurusi perbuatan amir-amir saudi yang bejat dan tidak bermoral daripada bikin fatwa yang aneh2 begini!

    • Islam adalah satu silakan berijtihat bila salah dapat 1 pahala dan bila benar dapat 2 pahala.
      Sepertinya anda punya dendam pribadi terhadap satu golongan, dari tanggapan anda seperti amir2 yang ada sebutkan bejat moral apakah bisa anda buktikan secara hukum ?

      • Islam adalah satu silakan berijtihat bila salah dapat 1 pahala dan bila benar dapat 2 pahala.

        itu sih ijtihad konyol mas!

  2. @Brahim

    Soal kebejatan amir2 saudi itu bukan rahasia lagi bagi orang yang biasa membuka media arab, inggris, atau indonesia…
    bahkan anda bisa tanya kepada para tki/tkw yang pulang mudik…
    sangat ironis di bumi Rasulullah saw dilahirkan dipimpin oleh amir2 yang perbuatannya bejat dan tidak islami.

    sekedar info:

    1. Potret Ketaqwa’an Raja Arab Saudi

    http://abusalafy.wordpress.com/2009/12/16/potret-ketaqwaan-raja-arab-saudi-al-wahhabi-al-salafy/

    2. Amir Wahabi Saudi: Bergelimang Whhisky, Wanita dan Senjata

    http://abusalafy.wordpress.com/2008/06/05/amir-wahabi-saudi-bergelimang-whisky-wanita-dan-senjata/

    3. kerjasama amir saudi al waleed bin talal denganraja media yahudi rupert murdoch untuk mendirikan tv berbahasa arab

    http://indyposted.com/32384/saudi-prince-alwaleed-bin-talal-announces-arabic-news-channel-collaboration-with-fox-news/

    http://jeffweintraub.blogspot.com/2010/08/further-information-about-fox-news-and.html

  3. Itu namanya Jahilia Moderen, asal usul jahilia itu yahh di Arap saudi makanya Nabi Muhammad SAW diberi Wahyu, untuk menuntun Ummat Manusia menuju Kebenaran, amin kalau betul menjalankan Islam yg Mulia mengapa diam seribu bahasa disoliminya unnat Islam paletina oleh Israel buka mata,buka hati, dan berkaca melihat bayanganmu di dalam bermin. wassalam

  4. Kumpulkan pasukan,satukan pimpinan dalam tangan ahlil bait Rosulullah..lalu rebut al haramain dari tangan jahiliyah mereka..biar ummat islam ini bisa tenang berjumpa dengan makam Rosulullah tanpa di fatwa bid’ah !!
    Biar ummat islam dapat menjaga peninggalan Rosulullah !!
    USIR SEMUA TEMPAT2 USAHA NAJIS MILIK ORANG KAFIR DARI AL HARAMAIN !!
    Makam baqi di gusur tapi mcD berdiri jaya !!
    Ma’la makam bunda aminah di ratakan tp hotel hilton berdiri tinggi..!!

  5. tegar diatas sunnah, gak ada golongan yg ada berjalan diatas Qur’an dan sunnah.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 30 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: